Kamis, 21 Oktober 2010

Kenapa Bulu Hamster Suka Rontok ???

Jangan lupa bersihkan kandang hamster, supaya bebas dari kuman. Foto: hamster-palace.com
Rontoknya bulu hamster itu bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti, parasit, virus, kutu, umur hamster yang mulai tua, terlalu sering diberi makan jagung manis, suhu ruangan yang terlalu panas, proses ganti bulu (molting) dan alas kandang yang terlalu lembab.
Nah, coba kamu ingat-ingat lagi, mungkin saja salah satu faktor yang tadi Nesi sebut adalah penyebab rontoknya bulu hamster itu. Lalu, bagaimana kalo sudah terlanjur rontok?
Untuk mengatasi rontoknya bulu hamster bisa dilakukan dengan berbagai cara. Supaya kandang bebas dari kuman, virus, bakteri, rajin-rajinlah membersihkan kandang hamster.
Sama seperti manusia, kalo lingkungan di sekitarnya bersih, tentu akan terhindar dari penyakit. Begitu pula dengan hamster, usahakan kandang selalu kering, tidak lembab dan basah.
Kadang-kadang proses rontoknya bulu hamster itu wajar terjadi karena ia harus melewati proses molting. Kamu cukup mengoleskan getah lidah buaya sehari sekali karena tumbuhan itu memiliki kandungan zat yang bisa menyuburkan bulu-bulu yang rontok tumbuh kembali.
Kalau cara tadi belum ampuh juga, baiknya segera bawa hamster kamu ke dokter hewan supaya mendapat pengobatan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar